Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Malam Hari Bima Dompu dan sekitarnya Dingin Menggigil, ini Penjelasan BMKG Bima

7/15/24 | 7/15/2024 WIB Last Updated 2024-07-14T16:24:47Z

 

Ilustrasi

Bima,Beritabima.com - Beberapa hari terakhir masyarakat Bima dompu dan sekitarnya merasakan dingin menggigil, atas kondisi tersebut pun pihak BMKG Bima memberikan penjelasan, minggu 14 juli 2024.


Melalui layanan chat whats app, BMKG Bima pada media ini menyampaikan bahwa Suhu dingin yang dirasakan di wilayah Bima dan Dompu disebabkan karena saat ini aliran massa udara di wilayah Indonesia umumnya telah didominasi oleh angin timuran yang berasal dari benua Australia. Angin timuran ini bersifat kering dan dengan suhu relatif dingin. 


"Adanya pergerakan massa Udara dari Australia menuju Indonesia ini mengakibatkan suhu di beberapa wilayah di Indonesia terutama bagian selatan Khatulistiwa termasuk wilayah Bima dan Dompu terasa lebih dingin," jelasnya


Selain itu, langit yang cenderung bersih awannya (clear sky) akan menyebabkan panas radiasi balik gelombang panjang ini langsung dilepas ke atmosfer luar sehingga kemudian membuat udara dekat permukaan terasa lebih dingin.


"terutama pada malam hingga pagi hari. Hal ini yang kemudian membuat udara terasa lebih dingin terutama pada malam hari.," pungkasnya.(RED)

Tag Terpopuler

close